Dinas koperasi dan UMKM dari kementerian koperasi dan umkm untuk mengurus ijin dinas koperasi usaha kecil dan menengah 2022

Cara Daftar di Dinas koperasi dan UMKM Online

Dinas koperasi dan UMKM atau bisa juga disebut sebagai kementerian koperasi dan umkm memiliki peran yang cukup penting terutama bagi anda para pelaku UMKM atau usaha kelas mikro dan kecil yang mana akan membantu anda dalam berbagai macam keperluan.

Anda para pelaku UMKM tentu sudah sering berurusan dengan Dinas koperasi atau dinas koperasi usaha kecil dan menengah yang mana banyak urusan yang perlu anda lakukan terkait beberapa perijinan dan yang lain.

Sayangnya masih banyak masyarakat khususnya para pelaku UMKM yang tidak memahami cara untuk menjadi bagian dari dinas koperasi dan ukm padahal hal tersebut cukup penting untuk dilakukan. Karena itu kali ini kami akan berbagi kepada anda beberapa hal terkait Dinas koperasi dan UMKM dan pastikan anda memahaminya sampai akhir. Berikut ini untuk ulasan selengkapnya.

Dinas koperasi dan UMKM

Walau kelas mikro atau kecil, usaha atau bisnis yang anda jalankan tentu harus memiliki ijin resmi dari pemerintah. Hal tersebut untuk memastikan kalau usaha yang anda jalankan tidak berbahaya dan tidak melanggar ketentuan dari pemerintah. Karena seperti yang anda ketahui banyak usaha ilegal yang bisa berjalan tanpa adanya ijin.

Dan untuk anda para pelaku UMKM bisa mendapatkan ijin tersebut dari lembaga dinas koperasi dan ukm yang mana pendaftaran ijin bisa anda lakukan dengan beberapa metode. Tidak hanya akan mengurus perijinan saja tapi melalui koperasi dan umkm anda juga akan mendapatkan berbagai macam keuntungan, seperti yang baru baru ini terjadi adalah saat adanya bantuan BLT untuk para pelaku umkm. Apabila usaha yang anda jalankan tidak memiliki ijin tentu anda tidak akan bisa mendapatkan bantuan tersebut walau usaha yang anda jalankan tergolong UMKM. Karena itulah sangat penting untuk melakukan pendaftaran perijinan sesuai dengan ketentuan.

Cara Daftar dinas koperasi dan usaha kecil menengah

  1. Buat akun lebih dulu melalui situs https://oss.go.id
  2. Apabila sudah memiliki akun maka langsung login
  3. Selanjtunya Klik pada menu “Perizinan Berusaha,” dan lanjut pada menu “Perseorangan”
  4. Untuk mendapatkan ijin maka Klik “Pendaftaran NIB atau Nomor Induk Berusaha Perseorangan kelas Mikro” 
  5. Sedangkan untuk untuk usaha kelas kecil perseorangan maka klik pada “Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil” 
  6. Lengkapi setiap kolom pada formulir Data Profil
  7. Apabila sudah maka klik “Simpan” dan Lanjutkan
  8. Untuk formulir Data Usaha, maka klik pada “Tambah Usaha”
  9. Lengkapi juga data mengenai usaha yang sedang anda jalankan tersebut pada formulir yang tersedia dan klik “Simpan,” 
  10. Apabila anda memiliki usaha lebih dari satu, maka klik lagi untuk “Tambah Usaha,” lalu klik “Selanjutnya”
  11. Ulangi langkah sebelumnya dengan melengkapi data usaha yang sedang anda jalankan

Apabila semua formulir sudah anda isi sesuai dengan data diri dan usaha yang sedang anda jalankan maka anda bisa mendapatkan ijin setelah dinasi kementerian koperasi dan umkm melakukan verifikasi. Hal tersebut memerlukan waktu beberapa hari sampai ijin tersebut diberikan kepada anda dan bisnis anda.

Manfaat Daftar koperasi dan umkm

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya kalau ada banyak manfaat yang akan diberikan oleh Dinas koperasi dan UMKM apabila anda menjadi bagian UMKM yang memiliki ijin NIB yang mana salah satunya adalah program bantuan dari kementerian koperasi ukm sebagai salah satu bentuk penaganan akibat pandemi seperti sekarang ini. Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut adalah usaha yang anda jalankan harus memiliki ijin resmi.

Tidak hanya akan menapatkan bantuan saja, tapi dari dinas umkm juga sering sekali membekali para pelaku UMKM untuk menjalankan bisnis yang jauh lebih baik dan membuat usaha yang sedang anda jalankan semakin berkembang. 

Ada banyak sekali fungsi dari Dinas koperasi dan UMKM yang mana melalui dinas koperasi usaha kecil dan menengah anda bisa mendapatkan surat ijin menjalankan usaha secara online tanpa harus datang ke kantor dinas UMKM terkait.