Invest saham dengan Cara investasi saham dan syarat investasi saham online atau Cara investasi saham untuk pemula 2022

Invest Saham

Uang yang Anda simpan di dalam tabungan tidak akan bertambah nilainya. Daripada menabung yang mungkin bisa menghabiskan waktu yang lama, Anda bisa menggunakan sebagian dana yang dimiliki untuk invest saham. Walaupun berinvestasi saham termasuk jenis investasi yang high risk, namun keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun juga sama besarnya. Beberapa jenis investasi saham yang bisa Anda coba di tahun 2022 antara lain cara investasi saham di bank bri. Anda juga bisa mencari tahu mengenai cara berinvestasi di pasar modal yang tentunya bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Terlebih lagi, saat ini semakin banyak jenis penawaran investasi saham online yang bisa Anda coba. Tidak harus lewat bank, Anda bisa mempelajari cara berinvestasi saham lewat aplikasi atau layanan online dengan sangat mudah. Berikut adalah ulasan cara investasi saham untuk pemula yang menarik untuk diketahui.

Simak Cara Investasi Saham Pemula untuk Hasilkan Keuntungan

Satu hal yang perlu Anda ketahui tentang invest saham secara online adalah, Anda diberikan kemudahan untuk berkecimpung bidang investasi saham cukup dengan menggunakan biaya yang relatif kecil. Saat ini, banyak aplikasi invest saham online yang menawarkan kemudahan untuk berinvestasi dengan modal mulai dari Rp 100.000. Berikut adalah ulasan lebih lengkap mengenai cara investasi saham online dengan tingkat kegagalan rendah dan membantu Anda mendapatkan keuntungan tinggi.

  • Memahami Lebih Dalam Segala Hal Mengenai Invest Saham

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pelaku investasi saham adalah ketika mereka ikut invest saham tanpa mengetahui jelas tentang seluk-beluknya. Padahal, tidak hanya mengetahui cara invest saham, Anda juga wajib mengetahui mengenai makna dan cara kerja saham itu sendiri. Dalam bidang ekonomi dan investasi, saham merupakan surat berharga dari perusahaan yang dijual di Bursa Efek Indonesia. Dengan membeli saham, maka secara otomatis Anda akan menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Itu artinya, Anda juga memiliki hak untuk mengikuti RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham dan bahkan mendapatkan pembagian atau dividen keuntungan dari perusahaan tersebut.

 

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu mengenai perusahaan yang akan Anda beli. Hindari asal membeli saham perusahaan yang tidak Anda kenal baik, baik dari segi jenis bisnis dan pemiliknya, serta transparansi laporan keuangannya. Untuk menghasilkan laba saham yang bagus, pastikan untuk memilih perusahaan dengan track record yang baik, memiliki integritas, hingga laporan keuangan yang transparan. 

  • Membuka Rekening Saham di Salah Satu Perusahaan Sekuritas

Mengapa langkah ini penting? Karena, tanpa adanya rekening saham Anda tidak bisa melakukan aktivitas jual beli saham. Untuk membuka rekening saham, Anda perlu mengajukan pendaftaran di perusahaan sekuritas yang terpercaya. Pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang baik dan tentunya sudah resmi terdaftar di OJK.

Untuk membuat rekening saham, berikut adalah persyaratan yang wajib dipenuhi:

  • Download aplikasi perusahaan sekuritas tersebut untuk membuat rekening saham 
  • Isi lengkap formulir pendaftaran dengan data diri sesuai dengan yang diminta
  • Lampirkan foto dari E-KTP dan NPWP
  • Anda juga perlu untuk melampirkan foto selfie dengan e-KTP tersebut
  • Menyertakan foto buku tabungan
  • Setelah lolos peninjauan dari perusahaan sekuritas, Anda akan mendapatkan SID (Single Investor Identification) sebagai tanda pengenal bahwa Anda adalah seorang investor. Anda juga akan memperoleh Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk kegiatan transaksi saham. 
  • Melakukan Analisis

Elemen utama dari invest saham bukan hanya dari segi modal uang yang Anda tanamkan. Untuk membuat uang tersebut tumbuh, maka Anda juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik. Cara investasi saham agar saham yang Anda miliki tepat dan bisa menghasilkan keuntungan adalah dengan melakukan analisis. 

 

Ada 2 jenis analisis keuangan yang bisa Anda lakukan saat bermain di pasar saham, yaitu: analisis fundamental dan teknikal. Analisis fundamental merujuk pada pengamatan situasi politik serta ekonomi, dan tren usaha dari pasar. Salah satu cara untuk mengamati analisis fundamental adalah lewat laporan emiten atau laporan keuangan perusahaan. 

 

Sedangkan, analisis teknikal merupakan jenis analisis yang memanfaatkan pergerakan dan pendekatan invest saham yang ada pada rentang waktu tertentu. Hal tersebut dalam segi harga, fluktuasi saham, serta informasi dari titik terendah maupun titik tertinggi dari saham.